CONTOH TEST TEORY DUMP TRUCK NISSAN

CONTOH TEST TEORY DUMP TRUCK NISSAN - Contoh Tes Teory Dump Truck Nissan - Dump truck Nissan merupakan salah satu unit angkut yang sering digunakan di berbagai perusahaan terutama untuk pengangkutan material seperti batu koral, pasir, pengangkutan tanah dll di dunia pertambangan.

Dengan harga unit dump truck nissan yang cukup mahal tentu saja tidak semua perusahaan menggunakan unit ini sebagai pilihan alat angkut mereka, namun khusus tambang batubara seperti PAMA, KPP dan mungkin PPA atau BUMA mereka sering menggunakan unit Dump Truck Nissan sebagai alternatif alat angkut tanah atau bahkan batubara mereka.

Dalam dunia pertambangan materi pembelajaran terkait pengenalan unit atau training tentang penggunaan unit sering dilakukan untuk melatih dan mengembangkan ilmu para operator Unit tersebut, tanpa terkecuali unit Dump Truck Nissan, melalui artikel saya kali ini akan mencoba memberikan salah satu contoh Materi untuk tes teori dump truck Nissan yang bisa menjadi bahan sobat untuk membagikan pengetahun atau melakukan tes kemampuan pengenalan operator tentang apa itu unit Dump Truck dan apa saja komponen di dalamnya.

Berikut Contoh Tes Teori Dump Truck Nissan :

I.    PILIHAN BENAR ATAU SALAH.

Tulis huruf jawaban (B) apabila dianggap    benar,dan (S) apabila dianggap  salah,dari soal – soal tersebut dibawah ini pada lembar jawaban yang tersedia.

1.     B – S       Yang dimaksud dengan safety atau keselamatan kerja adalah suatu usaha untuk dapat  melaksanakan pekerjaan tanpa menimbulkan suatu kecelakaan.

2.    B – S       Keadaan    sosial    lingkungan   dapat   membentuk   karakter     seseorang untuk melakukan hal yang tidak aman.

3.    B – S       Kecelakaan kerja sudah merupakan suatu hal yang biasa dalam suatu pekerjaan.

4.    B – S       Alat pelindung diri adalah hal yang tidak begitu penting bagi pengemudi, karena dia bekerja dalam ruangan yang terlindung.

5.    B – S       Pengetahuan dasar adalah syarat mutlak untuk mengoperasikan suatu alat/unit.

6.    B – S       Membaca buku petunjuk / pedoman pengoperasian adalah hal yang sia – sia dan tidak perlu karena akan mengganggu operasional saja.

7.    B – S       Mendengarkan saran, usulan baik  dari  rekan  seprofesi,  atasan, apalagi orang yang tidak dikenal tidak wajib hukumnya, karena pengalaman kerja diperusahaan terdahulu mengenai pekerjaan dan pengoperasian alat dari berbagai model dan merek, sudah lebih dari cukup.

8.    B – S       Pelaksanaan perawatan harian cukup dilaksanakan pada pagi hari saja.

9.    B – S       Perawatan harian & kebersihan unit semestinya dilakukan oleh mechanik

10.   B – S       Kerusakan unit bahkan kecelakaan fatal bisa saja terjadi hanya karena prosedur pengecekan unit sebelum operasi tidak dilaksanakan. 

11.   B – S       Tugas seorang pengemudi adalah hanya mengoperasikan unit saja.

12.   B – S       Di   jalan   datar   dan    muatan   ringan   untuk    start   awal   tidak diharuskan menggunakan gigi 1. yang penting aman dan kendaraannya mampu.

13.   B – S       Memindahkan  gigi  ke  yang  lebih  rendah  ditengah  –  tengah  turunan,  tidak bermasalah jika  memang sudah kita perhitungkan sejak dari  sebelum  turunan bahwa kendaraan tersebut tidak akan mampu.

14.   B – S       Pada suatu penurunan yang cukup panjang  dengan  beban muatan  berat, kita menggunakan gigi tinggi  tidak bermasalah.  Asalkan kita yakin dengan kondisi rem kendaraan yang kita operasikan.

15.   B – S       Untuk  Dump  truck  Hino,  Nissan  CWA/CWB,  Colt  Diesel,  Mitsubishi,  itu diperbolehkan  menurunkan  dump  body   sambil  jalan,   karena   tidak   terlalu beresiko.

16.   B – S       Untuk membersihkan tanah yang lengket diBody dump pada waktu hujan, adalah dengan menaikan Dump bodynya tinggi – tinggi.

17.   B – S       Engine over speed artinya putaran roda berputar lebih cepat melebihi putaran Engine.

18.   B – S       Fungsi dari exhaust brake adalah untuk menghentikan kendaraan.

19.   B – S       Diwaktu tidak operasi(stand by ), kendaraan tidak  boleh  hidup  dalam waktu yang terlalu lama.

20.  B – S       Prosedur dan sistim pengoperasian masing – masing kendaraan atau alat, tidak selalu sama.

II.   PILIHAN GANDA

Pilih dan jawablah pertanyaan berikut ini, Tulis huruf jawaban yang dianggap paling tepat (a,b,c atau d ) pada lembar jawaban yang tersedia.

1.   Apa saja yang disebut dengan perlengkapan safety itu?
a.   Sepatu, Kaca mata, Baju, Celana, Topi.
b.   Sepatu, Helmet, Kaca mata, Sarung tangan, Masker. 
c.      Helmet, Kaca mata, Handuk, Kain lap.
d.   Kaca mata, Topi, Baju, Tas dan lain – lain.

2.   Penyebab utama dalam suatu accident / kecelakaan dalam suatu pekerjaan, adalah:
a.   Karena lalai / ceroboh dalam melaksanakan suatu pekerjaan.
b.   Tidak mengindahkan aturan dan peraturan yang berlaku diperusahaan tersebut.
c.   Kurangnya pengetahuan akan fungsi dan prosedur operasi alat / unit yang ia operasikan. 
d.   Jawaban diatas betul semua.

3.   Apa maksud dan tujuan dicantumkan pembatasan kapasitas angkut maximum truck?
a.    Supaya muatannya dibawah maximum.
b.   Agar muatannya tidak melebihi kemampuan angkut.
c.    Sebagai patokan maximum muatan agar sesuai batas maximum. 
d.    Supaya truck tidak cepat rusak. 

4.   Apa tugas dan tanggung jawab seorang pengemudi?
a.   Mengantarkan barang / muatan dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan aman dan selamat.
b.   Memelihara, merawat alat / unit yang dipercayakan kepadanya, sebaik mungkin dengan penuh tanggung jawab.
c.   Melaksanakan  semua  tugas  dan  perintah  atasan  /   pimpinan   yang  sesuai   dengan bidangnya secara profesional.
d.   Jawaban a, b, dan c, benar.

5.   Apa yang harus dilakukan sebelum menghidupkan Engine pada truck?
a.   Melaksanakan perawatan  harian, Inspeksi keliling, memastikan  kondisi unit  siap untuk dihidupkan.
b.  Melaksanakan pemeriksaan keliling, pastikan semua batas ketinggian oli, air, dan solar cukup. Unit siap dihidupkan, Transmisi netral, Rem parkir terpasang, Klakson satu kali, Kemudian mesin dihidupkan.
c.   Melaksanakan   pemeriksaan   keliling,   periksa     kondisi   unit   OK,   Kemudian   Engine dihidupkan.
d.  Menanyakan kondisi terakhir unit ke partner shift, dan mechanic. Yakin Ok Operasikan.

6.   Apa saja yang paling penting di check pada saat pemeriksaan unit sebelum operasi?
a.   Ketinggian permukaan: Oli,air, solar, Kekencangan baut, keausan, keretakan, kebocoran, kerusakan.
b.   Kondisi fisik kendaraan, kondisi muatan. 
c.   Jawaban diatas betul semua.
d.   Jawaban diatas salah semua.

7.   Kapan harus dilakukan pemeriksaan harian oleh pengemudi?
a.   Setiap pagi                                                                    
b.   Setiap pergantian shift
c.   Setiap sebelum dan sesudah operasi.                            
d.   Sewaktu – waktu 

8.   Pada saat memeriksa permukaan oli Engine, akan ditemukan dua sisi yang berbeda ditandai dengan Engine mati dan Engine  hidup. Apa bedanya  tanda permukaan oli pada saat Engine hidup, dan pada saat Engine mati?
a.   Saat Engine mati permukaan oli lebih tinggi daripada saat  hidup.
b.   Saat Engine mati permukaan oli sama dengan saat Engine hidup.
c.   Saat Engine mati permukaan oli lebih rendah daripada saat hidup.
d.    Jawaban a,b, dan c, salah semua.

9.    Ketika anda memeriksa permukaan oli hydraulic, ternyata levelnya masih kurang, apa yang harus dilakukan?
a.   Jika  kurangnya  masih  memungkinkan  untuk  operasi,   sementara  oli  masih  order, lanjutkan operasi.
b.   Menunggu oli datang, dan tidak mau operasi sebelum olinya penuh.
c.   Lapor   pengawas  tentang   kondisi  unit,  Jika  masih  memungkinkan  untuk   operasi, lanjutkan operasi.
d.   Pura  –  pura  tidak  tahu  tentang  kondisi  tersebut,  jalan  saja  yang  penting  tidak bermasalah.

10. Penyebab utama terjadinya engine over heating(panas berlebihan pada mesin), adalah :
a.   Karena air radiator kosong, dan pompa tidak berfungsi untuk pendinginan ke Engine.
b.  Air  radiator  penuh,  tapi  seal  radiator  buntu  yang  menyebabkan  air  dari  radiator ke pompa tidak sirkulir untuk pendinginan Engine.
c.   Pengemudi tidak melakukan pengecekan unit, Air radiator tidak terkontrol, Pada saat jalan menanjak unit dipak\sa, Water coolant bermasalah.
d.  Jawaban a, b, dan c, benar semua.

11. Sebutkan kegunaan dan fungsi dari exhaust brake?
a.    Untuk menghentikan unit.
b.    Mengurangi kecepatan secara bertahap terhadap jalannya truck. c. Digunakan waktu keadan darurat
d.    Membantu rem pada saat di penurunan.

12. Gunanya system power steering,adalah:
a.   Untuk meringankan / menyamankan dalam menggerakan steer. b.   Untuk menguatkan / mengencangkan steer.
c.   Agar otomatis, jika steernya digerakan d.   Jawaban diatas betul semua.

13. Apabila melakukan manuver di tempat sempit sehingga penggunaan steer berlebihan, jika dipaksa apa yang akan terjadi?
a.     Pompa steering akan segera rusak.                             b. System steering jadi berat. 
c.     Bisa merusak system tie road steer.                            d. Jawaban a,c,betul semua.

14. Apa akibatnya jika Engine telah hidup selama beberapa saat, sementara tekanan oli masih belum naik?
a.   Pelumasan mesin tidak normal, tenaga akan berkurang. \
b.   Pelumasan tidak lancar, mesin akan rusak.
c.   Pelumasan tidak ada semua system di engine akanrusak.
d.   Jawaban diatas betul semua.

15. Jika truck sedang dimuat apa yang harus dilakukan?
a.   Tetap  didalam cabin  sampai ada isyarat dari  operator  /  helper  bahwa truck sudah penuh.
b.   Keluar cabin untuk melihat kondisi truck.
c.   Turun dari kendaraan menunggu truck penuh. 
d.   Jawaban diatas salah semua.

16. Kapan waktu yang tepat untuk mengganti gigi Transmissi apabila ada jalan menurun?

a.   Sebelum memasuki penurunan.                              
b.   Saat truck sedang dipenurunan 
c.   Setelah melewati penurunan.                                                   
d.   Hanya jika diperlukan saja.

17. Apa akibatnya jika menggunakan gigi Transmissi tinggi pada saat truck dipenurunan?
a.   Kendaraan lebih mudah dikendalikan.
b.   Kendaran akan sulit dikendalikan rem lebih banyak bekerja. 
c.   Mesin cepat panas.
d.   Jawaban a, b, dan c, salah semua.

18. Apa  yang  harus  dilakukan  bila  truck  sedang  dipenurunan  dan  tekanan  angin  remnya berkurang?
a.   Menambah gigi supaya lebih cepat lagi.
b.   Mengurangi  kecepatan bila memungkinkan berhenti / parkir. 
c.   Terus jalan karena angin akan naik sendiri.
d.   Tidak ada hose bocor, kompresor besar, jadi tidak masalah.

19. Penyebab utama kampas rem / brake lining cepat rusak / aus,adalah:
a.   Penggunaan service brake yang melebihi kemampuannya. 
b.   Penggunaan exhaust brake yang berlebihan.
c.   Jawaban di atas betul semua. 
d.   Jawaban di atas salah semua.

20. Jika truck  memasuki  area disposal  dimana  tidak  ada  petugas pengatur, apa yang harus dilakukan?
a.   Langsung menuju ujung areal dumping.
b.   Cari lokasi yang paling dekat supaya mundur tidak jauh. 
c.   Dumping muatan dimana saja.
d.   Mencari areal dumping yang paling aman sebelum dumping.

21. Pada saat  operasi seringkali kita menemukan kondisi yang tidak  aman, Yang  dimaksud kondisi tidak aman tersebut adalah sebagai berikut, Kecuali:
a.    Kondisi muatannya, ( Muatan batu baranya tidak bersih ). 
b.    Kondisi jalan,( Jalan berlubang, terlalu miring, licin dll ).
c.    Kondisi unitnya, ( Salah satu komponen di unit tidak berfungsi / rusak ).
d.    Kondisi orangnya, ( Orang tersebut sakit tapi memaksakan diri untuk bekerja ).

22. Setelah selesai operasi kemudian masuk areal parkir, apa yang selanjutnya anda lakukan?
a.   Langsung matikan mesin, supaya bisa lebih cepat istirahat. 
b.   Digas tinggi-tinggi supaya shift malam kuat start.
c.   Tunggu mesin dingin beberapa menit sambil melakukan pengecekan 
d.   Langsung pulang karena tidak ada masalah dengan kendaraan.

23. Apa yang harus dilaksanakan setelah selesai operasi pada pergantian shift?
a.   Serahkan sepenuhnya tanggung jawab kepada shift selanjutnya.
b.   Memberikan informasi selengkapnya tentang kondisi truck terakhir. 
c.   Ikut melakukan pengecekan bersama shift pengganti.
d.   Parkirkan saja ditempat yang aman, pengecekan mechanic yang melakukannya. 

24. Apa akibatnya jika Engine dimatikan tanpa pendinginan terlebih dahulu?
a.   Suhu mesin akan meningkat karena aliran air pendingin terhenti secara tiba-tiba. 
b.   Pelumasan belum turun pada turbo sementara oli masih melumasi sistem turbo.
c.   Jawaban diatas salah semua. 
d.   Jawaban diatas benar semua. 

25. Perawatan harian dan kebersihan unit adalah merupakan tugas dan tanggung jawab:
a.   Mechanic. 
b.  Perusahaan. 
c.   Pengemudi. 
d.  Pengawas.

ESSAY.

JAWAB  DAN  ISILAH  PERTANYAAN  –  PERTANYAAN  BERIKUT  INI  PADA  LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA.

1.   Apa tugas dan tanggung jawab seorang pengemudi ?

2.   Kenapa Driver harus melakukan P2H setiap hari? Jelaskan!

3.   Apa yang harus diperiksa pada saat P2H?

4.   Apa yang pertama  kali diperiksa  /  dikontrol oleh  seorang pengemudi  pada saat setelah Engine dihidupkan?

5.   Berapa kecepatan yang diizinkan untuk kendaraan besar / Dump truck dijalur hauling?

6.    Apa yang anda lakukan bila anda menemukan kondisi tidak aman ? 

7.   Sebutkan beberapa jenis kerusakan yang tidak boleh dioperasikan di daerah operasi tambang !

8.   Sebutkan arti kode 6x4 pada unit ?

9.   Sebutkan kapasitas angkut unit DT ( Hino, Nissan ) !

10. Sebutkan prosedur mematikan Engine yang benar?

Demikian yang bisa saya sampaikan dan bagikan, semoga contoh soal tes teori tentang dump truck Nissan uni dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan sobat terhadap unit Nissan, jangan lupa share dan tinggalkan komentarnya ya, terima kasih.

1 Komentar untuk "CONTOH TEST TEORY DUMP TRUCK NISSAN"

  1. Tolong buatkan kunci jawabannya supaya kita bisa cek jawaban kita, apakah benar atau salah... Harap kirim kunci jawabannya ke email saya... Tks.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel