Dasar Dasar Komponen Mesin PC 1250 Komatsu
Dasar Dasar Komponen Mesin PC 1250 Komatsu - PC 1250 Komatsu atau sering dikenal dengan Excavator merupakan salah satu alat berat atau unit besar yang digunakan untuk pengerukan atau loading entah tanah atau mungkin material sejenisnya, seperti pasir, batubara, dan lainnya. Unit PC atau Excavator ini biasanya dipakai oleh beberapa perusahaan tambang . Salah satunya tambang batubara ditempat saya bekerja saat ini.
POWER LINE UNIT PC 1250 SPECIFICATION & GENERAL COMPONENT
KODE UNIT & ENGINE
Kode Unit PC 1250-7 :
- P : Excavator (Kode Unit Komatsu)
- C : Crawler
- 1250 : Berat unit siap operasi ( 1250 x 0.1 = 125 Ton)
- 7 : Modifikasi ke-7
Kode Engine SA6D 170 E :
- S : Super charger
- A : After Cooler
- 6 : Jumlah cylinder ( 6 cylinder)
- D : Diesel Engine
- 170 : Diameter cylinder liner = 170 mm
- E : Low Emition / Gas buang ramah lingkumgan
Dimensi Unit ( Ukuran Unit ) PC 1250 Komatsu
UNIT PERFORMANCE = VALUE
Operating weight (without operator)[kg] = 108700
Bucket capacity (std SAE)[m 3] = 5.2
Fly wheel horse power [HP/rpm] = 651 / 1800
Low speed [km/h] = 2.1
Travel speed High speed [km/h] = 3.2
Swing speed [km/h] = 5.5
DIMENSIONS [mm] :
Overall length = 16020
Overall width = 5355
Overall height (to top boom or operator cabin) = 6040
Track shoe width = 700
Height of cab = 4120
Length of track = 6425
ENGINE
Model [KOMATSU] = SA6D170E
No. of cylinders [pcs] = 6
Bore x stroke (mm x mm) = 140 x 165
Piston Displacement [litres] = 15.24
UNDERCARRIAGE
Ground Presure [Kg/cm 2 ] = 1.19
Width of shoe std (Triple grouser shoe)[mm] = 610
CAPACITY (REFILLED)
Fuel tank [litres] = 1360
Hydraulic oil tank [litres] = 800
ENGINE DIESEL
1.Definisi
Engine adalah : Suatu alat yang menghasilkan tenaga melalui suatu proses tertentu, dimana proses thermis diubah menjadi tenaga mekanis.
Machine atau Unit adalah : Suatu unit secara keseluruhan, yang mencakup engine sampai final drive.
2. Prinsip Kerja Engine
Udara yang dimasukkan kedalam silinder liner, kemudian dikompresikan hingga suhunya naik mencapai 300 – 400 oC, kemudian disemprotkan bahan bakar (solar) sehingga terjadi pembakaran, yang menghasilkan tekanan sebesar 60 – 80 kg/cm2 dengan suhu sekitar 600 – 800 oC.
3. Klasifikasi Engine
Engine ---- Internal Combination Engine ---- Gasoline (Bensin) dan Diesel
Engine ---- Eksternal Combination Engine ---- Mesin Uap dan Turbin Uap
Definisi :
Internal combustion engine :adalah engine yang proses pembakarannya terjadi didalam silinder engine itu sendiri.
External combustion engine : adalah engine yang proses pembakarannya terjadi diluar silinder engine itu sendiri.
Proses Pembakaran Engine Diesel 4 Langkah
Penjelasan :
a. Intake stroke : Intake valve terbuka, exhaust valve tertutup. Piston bergerak turun
dari TDC ke BDC, dan menghisap udara dari intake manifold
kedalam ruang bakar (cylinder).
b. Compression stroke : Intake valve dan exhaust valve dalam keadaan tertutup. Setelah
piston turun sampai BDC, piston akan kembali naik untuk
memampatkan udara yang telah dihisap tadi. Temperatur pada saat
itu bisa mencapai sekitar 500 – 600 oC.
c. Power stroke : Intake valve dan exhaust valve masih dalam keadaan tertutup.
Setelah piston mencapai titik yang ditentukan (beberapa derajat
sebelum TDC), kemudian solar disemprotkan ke dalam ruang
bakar dan terjadilah pembakaran (power) karena udara yang
dikompresikan tadi mempunyai suhu tinggi dan bercampur dengan
bahan bakar.
d. Exhaust stroke : Setelah langkah power, piston kembali turun dari TDC ke titik
BDC. Kemudian naik kembali dari BDC ke TDC untuk
membuang sisa-sisa pembakaran melalui exhaust valve.
Sedangkan intake valve tetap tertutup.
Sementara cukup sekian dulu ulasan dari saya, semoga informasi ini sedikit membantu sobat dalam mencari tau apa saja dasar komponen dari PC 1250 Komatsu. Semoga bermanfaat dan juga menambah pengetahuan serta wawasan sobat tentang komponen alat berat, Jangan lupa berikan komentarnya ya dan terima kasih atas kunjungannya.
Belum ada Komentar untuk "Dasar Dasar Komponen Mesin PC 1250 Komatsu"
Posting Komentar