Standard Safety Umum Awal Pengoperasian Unit Dozer

Standard Safety Umum Awal Pengoperasian Unit Dozer - Dunia pertambangan memang merupakan tempat dimana resiko pekerjaan terkait kecelakaan kerja sangat tinggi, karena berbagai unit yang digunakan tidak sedikit yang merupakan unit besar, sehingga perlu kewaspadaan dan safety yang baik dalam pengoperasiannya. Seerti halnya unit tambang lainnya Dozer adalah salah satu alat atau unit yang digunakan dalam operational pertambangan.

Secara umum dozer digunakan untuk meratakan tanah, melakukan dozing tanah, dan bisa juga untuk pemadatan tanah, karena unit dozer adalah unit yang menggunakan track sehingga kondisi jalan yang berlumpur atau tanah yang lunak masih memungkinkan untuk unit tersebut peroprasi, beda halnya dengan unit yang menggunakan Ban atau wheel yang hanya dapat melintas di area yang rata dan padat.

Untuk meningkatkan keselamatan kerja dan juga kewaspadaan kita terhadap resiko kecelakaan kerja , maka banyak tahapan standard safety yang harus benar - benar diperhatikan. Melalui artikel saya kali ini akan banyak membahas tentang Safety Umum Pengoperasian Unit Dozer supaya operator dan pekerja lainnya memahami batasan batasan standart pengoperasian unit dengan benar, supaya resiko kecelakaan kerja dapat di hindari.

Standard Umum Keselamatan Kerja Pertambangan
  1. Pakailah Helmet, Sepatu Safety dan Seragam kerja yang layak. Jika perlu menggunakan kaca mata pelindung/masker, sarung tangan car plug atau APD yanglain.
  2. Kecelakaan akan cidera dapat terjadi jika operator kurang hati–hati. Ingat selalu keselamatan kerja saat operasi.
  3. Jaga kesehatan anda, jangan mengoperasikan alat apabila keadaan lelah atau minum–minuman keras.
  4. Pelajarilah larangan–larangan, peringatan–peringatan dan peraturan tentang prosedur kerja. Ketika ada pengawas, patuhilah aba–aba standart yang telah ditetapkan pada saat operasi.
  5. Jika terjadi kecelakaan, kebakaran atau kejadian yang tidak diharapkan sebelumnya, maka tangani dengan cepat atau menggunakan alat–alat keselamatan terdekat. Pelajari terlebih dahulu letak Box (kotak) P3K dan APARR dan pelajari bagaimana cara menggunakannya. Hal ini penting untuk diketahui bagaimana sistem berhubungan dalam keadaan darurat.
  6. Pelajarilah tentang peralatan keselamatan pada alat dan bagaimana cara menggunakannya. Pastikan bahwa peralatan tersebut terpasang/terletak pada posisi yang tepat. Peralatan keselamatan tersebut pada posisi yang tepat. Peralatan keselamatan tersebut antara lain :
    • ~ Guard (pelindung) 
    • ~ Alat pelindung
    • ~ Sabuk pengaman 
    • ~ Canopy
    • ~ ROPS
  7. Baca buku petunjuk pengoperasian dan perawatan dengan seksama. Pelajari pula cara menggunakan alat pengontrol, panel gauge dan peralatan peringatan/warning, yakinkan anda paham arti dari panel–panel perhatian. Ingat tentang letak titik pemeriksaan dan methode pengecekan level oil engine, level air radiator dan level oil hidrolik.
  8. Gas buang sangat berbahaya. Pada saat menghidupkan engine untuk waktu lama di ruang tertutup dengan ventilasi yang kurang, akan mengakibatkan bahaya keracunan gas buang engine, untuk itu buka jendela atau pintu agar udara segar bisa masuk
  9. Ketika beroperasi didalam bangunan/gedung, pastikan selalu jarak/ celah bebas dari bagian atas gedung/bangunan, lorong–lorong atau gang–gang dll, serta daya dukung dari lantai
  10. Jangan biarkan orang lain untuk menaiki unit pada saat unit sedang beroperasi
KESELAMATAN OPERASI SEBELUM MEMULAI PEKERJAAN

  1. Periksa keadaan tanah dan jenis materialnya saat akan bekerja didaerah tersebut, untuk menentukan titik–titik lokasi yang berbahaya dan menentukan bagaimana cara operasi yang terbaik dilokasi tersebut. Lakukan pekerjaan setelah anda membuat laporan bahaya dan telah ditangani terlebih dahulu.
  2. Periksa kemungkinan kebocoran sistem fuel, pelumasan dan hidrolik
  3. Periksa kekendoran baut pada track shoe
  4. Periksa komponen yang lain jangan ada yang rusak atau hilang
  5. Apabila ada kerusakan atau masalah unit tidak boleh dioperasikan 
  6. Pada waktu naik/turun dari unit, gunakan pegangan tangan yang ada atau menggunakan tehnik three body contack. Jangan melompat ke atas unit atau sebaliknya saat turun dari unit.
  7. Jangan meninggalkan komponen atau travel tool–tool sekilas cabin/dalam kabin atau dilantai operator seat tempatkan segala sesuatunya ditempat yang aman dan layak
  8. Bersihkan tumpukan grease, oil dan lumpur/kotoran yang ada di tangga naik, pengangan tangan, lantai di operator seat atau control lever. Kesalahan anda melakukan hal–hal yang ceroboh akan menyebabkan kecelakaan pada kita sendiri atau orang lain.
  9. Periksa level fuel, oil dan air radiator. Matikan api rokok sebelum melakukan pengecekan.
  10. Periksa tutup radiator dan tutup tiap–tiap tangki oil pada kondisi tertutup rapat (kencang)
  11. Atur operator seat sampai keposisi yang kita inginkan dan nyaman untuk operasi pada saat operasi harus dalam kondisi duduk. Jangan mengoperasikan unit dalam posisi selain duduk.
  12. Atur tempat duduk sehingga pedal brake dapat terjangkau oleh kaki saat mengoperasikan brake, yaitu dengan cara menarik ke depan atau mendorong kebelakang kebelakang operator sear agar terjangkau dan nyaman.
  13. Sebelum mengoperasikan unit, periksa seat belt
  14. Periksa seat belt dan fittingnya, apabila sudah rusak laporkan dan minta untuk diganti
  15. Perhatikan keselamatan saat mundur, lihatlah ke belakang untuk memastikan apakah ada orang lain (unit lain) saat unit kita mundur selalu bunyikan klakson sebelum mengoperasikan unit dan saat mengoperasikan unit maju/mundur.
  16. Periksa bagian dalam ruang engine dan buang (bersihkan) dahan atau kertas, karena dahan–dahan atau kertas merupakan benda yang mudah terbakar dan ini dapat menyebabkan kebakaran
  17. Sebelum menghidupkan engine, pastikan bahwa semua kontrol lever dalam keadaan NETRAL atau HOLD
Sementara cukup sampai disini dulu ya sobat pembahasan saya terkait Standard Safety Umum Awal Pengoperasian Unit Dozer semoga artikel ini dapat membantu sobat dalam meningkatkan standard safety di ruang lingkup operational pertambangan area kerja saobat. Jangan lupa berikan komentarnya ya jika ada pertanyaan dan masukan dari sobat semua

1 Komentar untuk "Standard Safety Umum Awal Pengoperasian Unit Dozer"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel